buat teman-teman yang mau share tentang STAN silahkan tinggalkan comment di sini ya. insya Allah bakalan dijawab sejelas-jelasnya. dan inget, No SARA! tetap menjunjung tinggi budaya timur yang berbudi luhur. ok!

27 Tanggapan to “Tanya_Jawab”

  1. a Says:

    kosong nih.. diisi dong.

  2. Lia Says:

    Assalamualaikum,

    Q mo nanya di Stan jurusan yang terfavorit apa y ?
    Dosen-dosennya galak-galak ga ?
    USM STAN 2009 kapan ?
    Kenapa sich Ujian STAN & pengumumannya tuch paling akhir, kan jadi stress dulu.

    Aku udah diterima di salah satu PTN di Jabar.

    Bener ga’ sich stan Gratis & klo udah lulus bakal ditempatkan kerja.
    kan klo bener q bisa ngeringanin ortu.
    kan myari kerjaan skarang susah!!!
    Banyak kan sarjana jadi pengacara ( pengagguran banyak acara )he..he…

    Oh y passing grade USM STAN berapa sich ?

    Oh y q mo nanya lg, di formulir stan pada kolom jurusan ,” Akuntansi pemerintahan” koq ditempatin di nomor urut 7,kenapa ga’ di no. 1 zah.Bener ga’ sich katanya ” Akuntansi pemerintahan” tuch passing gradenya tertinggi!
    Nomor urut jurusan pada form itu da pengaruhnya ga sich?

    Tapi aku takut juga sich klo misalnya q diterima di STAN, kan STAN selalu berhubungan dengan “money”, apalagi duit negara , q takut ga’ kuat iman & ga’ bisa pegang amanah.
    Oh y do’ain aku supaya bisa masuk STAN y, amin.

    Thanks
    Wassalam

    Lia ( Cirebon )

    tolong balas di page ini juga yach

  3. ikagatistan Says:

    wa’alaikumussalam wr.wb
    ya,salam kenal buat Lia. nih simak baik2 jawabannya..
    1. Q mo nanya di Stan jurusan yang terfavorit apa y ?
    jawab : Jurusan terfovorit? relatif sih, tergantung mau lihatnya dari sisi mana. di STAN sendiri ada yang bilang Akuntansi Pemerintahan terfavorit, ada juga yang bilang Administrasi Perpajakan terfavorit. kalau sepengetahuan admin sendiri sih begini.. saat perkuliahan, ada salah satu dosen(alumni STAN) yang sedikit bercerita bahwa di zamannya itu Akuntansi Pemerintahan adalah spes. terfavorit. setiap ada mahasiswa yang pakai almamater Akuntansi Pemerintahan selalu disegani, karena dipandang memiliki ‘kemampuan intelektual yang lebih’ dari spesialisasi yang lainnya. salah satu alasan lainnya(mungkin) adalah karena prospek penempatanya yang saat itu adalah mjd yang terfavorit. yaitu BPK(Badan Pemeriksa Keuangan). dan selebihnya dicetak menjadi ahli2 audit(auditor) lembaga pemerintahan. tapi rasanya pandangan tersebut mulai bergeser. sekarang ini yang dipandang sebagai spesialisasi terfavorit adalah spesialisasi administrasi perpajakan. salah satu indikatornya adalah para pendaftar tahun 2008 ditengarai banyak menempatkan spesialisasi ini di pilihan pertama. tak heran memang, karena prospek penempatan mahasiswa pajak adalah bekerja di kantor2 di bawah naungan DJP(Direktorat Jenderal Pajak). dan sudah menjadi rahasia umum juga kan bahwa pegawai2 pajak(juga bea cukai) memiliki penghasilan legal yang lebih tinggi daripada pegawai di kantor lain. terlebih lagi dengan adanya reformasi birokrasi di tubuh Depkeu.

    2. Dosen-dosennya galak-galak ga ?
    Jawab : biasa aja kok, dosen juga manusia kan. sam seperti kita. hehe. tapi, secara umum dosen di sini memang memiliki kualifikasi yang bagus. banyak jg para petinggi2 depkeu/lembaga pemerintahn lainnya yang membagi ilmunya di sini.

    3. USM STAN 2009 kapan ?
    Jawab : lihat di pengumuman aja ya.

    4. Kenapa sich Ujian STAN & pengumumannya tuch paling akhir? kan jadi stress dulu.
    jawab : hmmm.. kenapa ya? emang jadwal kurikulum dari sananya begitu sih. hehe. tapi ya diambil hikmahnya aja. misalnya, dengan begitu kan bisa nyiapin diri dengan maksimal toh.

    5. Bener ga’ sich stan Gratis & klo udah lulus bakal ditempatkan kerja?
    Jawab : Sejauh ini kuliah di sini ga gratis, tapi dibiayai oleh rakyat. (hehe, ya 100%gratis kok!) kecuali uang untuk pendaftaran USM memang harus dibayar. bahkan bukan sekedar gratis, mahasiswa di sini juga dikasih buku tulis, dipinjami buku literatur, uang saku(Smster 5&6), dan berbagai fasilitas lainnya yang dibiayai oleh rakyat. insya Allah, sejauh ini programnya memang seperti itu. mahasiswa yang sudah lulus langsung ditempatkan di departemen keuangan, BPK, dan BPKP. ya, alangkah bahagianya bisa membahagiakan orang tua. dan itu tidaklah gratis, butuh perjuangan keras. ok!

    6. Oh y passing grade USM STAN berapa sich ?
    Jawab : sepengetahuan admin, di STAN ga mengenal passing grade. (mungkin) nilainya bakal diperingkatisasi secara nasional. baru dipotong sebanyak formasi mahasiswa yang dibutuhkan.

    7. di formulir stan pada kolom jurusan ,” Akuntansi pemerintahan” koq ditempatin di nomor urut 7,kenapa ga’ di no. 1 zah.Bener ga’ sich katanya ” Akuntansi pemerintahan” tuch passing gradenya tertinggi?
    Jawab : hmm.. kenapa ya? sepertinya penomoran itu ga berpengaruh sama sekali. logikanya, kalau memang berpengaruh harusnya di kasih tahu dengan jelas dong. bahkan mungkin dengan berpengaruhnya penomoran tadi bukannya menguntungkan, malah bakal jadi variabel baru yang semakin memperumit proses seleksi.

    8. kan STAN selalu berhubungan dengan “money”, apalagi duit negara , q takut ga’ kuat iman & ga’ bisa pegang amanah..
    Jawab : Ya, prospek mahasiswa lulusan STAN memang ga jauh2 dari uang rakyat, seperti Bea Cukai, KP Pajak, Perbendaharaan Negara, Kekayaan Negara, Inspektorat Jenderal Depkeu, BPK, BPKP, BKF dan sebagainya. tanggung jawab di sini sangatlah besar. untuk itu, di sini sangat dibutuhkan pegawai2 yang pintar dan beriman kuat. pilihan di sini hanya 2 :
    1. jadi pegawai yang ‘berjihad’ dalam pekerjaannya demi kemaslahatan rakyat Indonesia, atau
    2. jadi pegawai bermental korup yang kelak menanggung laknat sejumlah rakyat Indonesia di akhirat kelak.

    sebagai penutup, ayo rangkai kembali niat kita. insya Allah dengan niat yang baik pasti akan dimudahkan oleh Allah swt.
    untuk Lia dan semua teman2 yang merindukan kesejahteraan bersama yang merata di negeri ini, semoga sukses! negara ini butuh orang2 pekerja keras, pintar, beriman, dan berbudi pekerti yang luhur.

    wa’alaikumussalam wr.wb.

  4. Lia Says:

    Assalamualaikum,

    Alhamdulillah sekarang q dah lulus UN & UAS
    & UM PTN.

    Q mo nanya lagi nich ga’ papa kan ?

    Q punya temen yang pada hasil UN ada salah satu nilainya <7 ( 6 ) tapi klo keseluruhan rata2nya diatas 7, klo mo daftar ke STAN boleh kan?

    Oh y daftar ke STAN tuch lewat internet kan ( Pendaftaran online ) klo g' lewat internet gimana( langsung ke STAN/ tempat yang ditunjuk ) ?

    Penyerahan formulir & persyaratan pendaftaran kan dari tanggal 1-17 juli 2009, klo hari libur tutup ga' y ? Btw 8 juli kan pilpres ?

    Kenapa sich sekarang , program D1 dihapuskan ( kecuali Bea Cukai )?

    Oh y waktu itu Q lagi browsing, truss q nemuin tulisan di sebuah Blog. Katanya Test STAN tahun sekarang beda ama tahun sebelumnya. Katanya TKU (Test Kemampuan Umum )diubah TPA ( Test Potensi Akademik ), B. Indonesia ditiadakan dan materi B. Inggris ditambah. Smua itu bener ga sich ?

    TPA tuch kaya gimana? ( semacam psikotest kali y? )

    Q masih tetep belajar dari kumpulan soal yang q beli dari kakak2 ikagati stan.

    Truss klo berita itu bener, q belajarnya gimana dong?

    Oh y kakak2 waktu tanggal 15 Juni 2009 lagi pada test semesteran y ?

    Q do'ain semoga pada lulus y dengan IP yang bagus dan jangan sampai di DO. amien….

    Thanks
    Wassalam

  5. Lia Says:

    Aduh, mau kirim koq gagal lagi y?

  6. Lia Says:

    Assalamualaikum,

    Maaf y ? tadi q kirim banyak pertanyaan tapi koq ga’ bisa trus.

    Q punya temen, dia nilai UNnya 7, boleh kan daftar k STAN ?

  7. Lia Says:

    maaf y koq tulisannya ga’ bisa ditampilkan semua sich?

  8. prie Says:

    mas/mb? numpang nanya,
    utk formulir e-registrasi stan ada isian no ijazah/skhu/skl yg ketiga2nya smpe saat ini blum ada atau belum dibagikan.

    skhu sementara dari sekolah pun tdk dpt djadikan acuan karena tidak mempunyai penomoran yg resmi,
    bgmn solusinya? pndaftaran tgl bbrp hri lgi. aq dah transfer tpi blm e-reg.
    tlg jawab pd halmn yg sama. mksh.

  9. ikagatistan Says:

    buat Lia :
    Ya. enggak apa2. sudah jadi tanggung jawab kami bagi2 informasi STAN ke pelajar2 se-wil III Cirebon.
    Ya. bisa dong. 7 itu kan rata2 nialai UN+UAS tapi bukan pembulatan.

  10. ikagatistan Says:

    buat Prie :
    ya, masalah inilah yang umum terjadi. setelah kami tanyakan ke bagian sekretariat kampus stan akhirnya kami diberi solusi. isi no. ijazah tadi pakai nomor induk siswa saja. tapi syaratnya sebelum e-reg ditutup harus diedit lagi dengan nomor ijazah yang sebenarnya.

  11. Lia Says:

    Assalamualaikum,…

    k mo nanya, katanya dah da pendaftaran manual y? ada yang bilang tgl 1 juli pi da yang bilang tgl 7 julina z, mana yang bener sich?

  12. ikagatistan Says:

    wslm wr.wb.
    yang benar mulai tanggal 7 Juli s.d. 17 JUli 2009. selengkapnya bisa dilihat di http://www.stan.ac.id

  13. fajar Says:

    mau nanya neh ,,,

    kan sya dpt tempat ujian nya di gelora bung karno ,,,

    tapi sya ga tau mw nginep dmn ,,,
    truzz ke termpat ujian nya naik apa ,,,

    jdi gmna neh ???

  14. fajar Says:

    owya ,,,

    klo usm stan tuh mulai na jm brp eah ???

    lupa euy kmren ga nanya !!!

  15. ikagatistan Says:

    silahkan hubung cp guide usm stan aja.

  16. ikagatistan Says:

    untuk wilayah bagian barat biasanya jam 8. untuk lebih pastinya coba dilihat lagi di surat pengumuman kepala BPPK tentang pengumuman penerimaan mahasiawa baru.

  17. fajar Says:

    okokok ,,,

    thankzz bgt !!!

  18. fajar Says:

    mw tanya lagi dun ,,

    pengmuman usm stan tuh kpn c ???

  19. whidi Says:

    bro , kalau lulusan 2013 belum turun ijasahnya ,, lalu di kolom no ijasah pada formulir gimana ya ?? mohon bantuannya ..

  20. whidi Says:

    bro ,,, mau tanya ,, kalau ijasah belum trun ,, no ijasah pada formulir diisi apa ?

  21. syahri Says:

    bisa pake SKHUN/STL kalo ga salah minta aja ke sekolah

  22. mikael indrayana Says:

    mohon info, adakah STAN bekerja sama dengan pihak Pemda untuk menerima D1 penilai ?

  23. Nurul Says:

    Saya masih duduk di kelas 3 SMA, saya berniat jika lulus nanti ingin melanjutkan ke STAN bidang Pajak namun saya sekarang berada pada jurusan IPA, yang saya takutkan saya tidak bisa mengerjakan soal sewaktu tes.
    Mohon sarannya


  24. Saya masih duduk di bangku 3 SMA
    saya niat setelah lulus nanti ingin melanjutkan ke STAN jurusan Pajak
    namun sekarang saya sekolah di jurusan IPA, saya takut nanti tidak dapat menjawab soal Usm Stan
    mohon sarannya

  25. Alumnus Says:

    hampir 90% lebih mahasiswa STAN itu anak IPA. dan ga usah khawatir karena soal2 USMnya ga mengkhususkan jurusan tertentu di SMA. saran : coba pelajari buku2 USM STAN 5 tahun terakhir.

  26. dian Says:

    mau tanya dong, kalo ngisi formulir usm stan on-line itu jurusannya di isi semua atau pilih salah satu?
    masih bingung

  27. ima Says:

    assalamu’alaikum kak mau nanya nih sputar stan aku Ima dr Cirebon
    kak kalo kita daftar d STAN kt dpet milih >1 prodip tidak?
    trus kalo d STAN dapet uang saku tidak?
    ada persyarata khusus apa saja untuk bisa masuk stan bagian akuntan?
    ditunggu jawabannya terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s