Pajak. Sebuah kata yang pastinya udah ga asing lagi buat kamu. Istilah ini memang cukup sering dibahas diberbagai media, baik itu koran, majalah, maupu televisi. Dan tentunya kamu sendiri udah tahu dong(paling ga ya sedikitlah) tentang istilah pajak ini, karena perihal tentang pajak ini secara garis besar memang pernah dipelajari, paling ga waktu SMP. Jadi, apakah sebenarnya makhluk yang bernama ‘Pajak’?? Yap!! Pajak adalah iuran wajib yang harus disetor oleh wajib pajak tanpa adanya kontraprestasi(timbal balik) langsung dan tata caranya sudah ditetapkan dengan undang-undang.

Bagi kamu yang kelak diterima di Spes Pajak ini tentu kamu bisa sedikit membayangkan tentang apa yang kamu pelajari nanti. Ya, mata kuliah kamu nantinya ga jauh2 dari hal2 yang berbau pajak. Kamu akan mempalajari leih detail tentang PPh, PPN, PPn BM, dan mata kuliah perpajakan lainnya.Tapi jangan salah, kam nantinya bakal belajar akuntansi juga kok seperti spes2 lainnya. Namanya juga STAN, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, mata kuliah akuntansi pasti diberikan.

Buat kamu2 yang hobi ikutan organisasi jangan khawatir ga tersalurkan. di sini ada IMP (Ikatan Mahsiswa Pajak) yang bisa dianggap OSIS-nya pajak. ada juga UMMP(Ukhuwah Mahasiswa Muslim Pajak) Yang bisa dibilang rohisnya spes pajak. di spes pajak ini juga sering diadakan acara2 yang mengasyikkan. seperti kompetisi olahraga se-mahasiswa pajak, liga sepak bola pajak, seminar perpajakan, seminar enterpreneurship, dan berbagai acara lainnya yag dijamin ga membosankan sekaligus sebagai sarana refreshing.

Nah, sekarang kita akan membahas tentang penempatan yang mngkin bisa membuat kamu cukup senang karena memilih spes ini. Jika lulus nanti, kamu akan ditempatkan di instansi-instansi di bawah naungan Direktorat Jenderal Pajak(DJP) yang notabene mengurusi penerimaan pajak -hampir 80% penerimaan negara berasal dari pajak-. Pekerjaan yang memang cukup berat, tapi jangan khawatir, karena kamu bakal mendapatkan sesuatu yang ‘lebih’. Maksudnya penghasilan kamu nanti lebih besar daripada instansi2 lain pada umumnya.

Jika kamu mengikuti dunia perpajakan di Indonesia, kamu pasti tahu sekarang ini DJP sedang menggalakan modernisasi kantor2 pajak. Dengan adanya modernisai, sistem administrasi dan birokrasi di kantor pajak akan benar2 direformasi. dan yang pasti penghasilan kamu nantinya akan lebih besar lagi, kenapa? Karena salah satu tujuan modernisasi ini adalah untuk mengurangi tindak kejahatan dan kecurangan di bidang perpajakan yang memang sejak dulu kerap terjadi. Sudah menjadi rahasia umum kalau kantor pajak adalah ‘lahan basah’ bagi aparat yang bermental koruptor untuk mengeruk keuntungan darinya. Nah, salah stu langkah untuk mengurangi hal itu adalah dengan memberi kompensasi yang lebih kepada aparat pajak.

Ada satu hal lagi yang bakal membuatmu senang sebagai aparat pajak nantinya. kamu yang menjadi aparat pajak biasanya mudah mencari jodoh lho.. he3x karena ada jargon dikalangan orang pajak seperti ini, “Orang Bijak Taat Pajak, Mertua Bijak Pilih Menantu Orang Pajak” Upps!! he3x

Sumber : Infomaru MBM STAN 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s