Spesialisai Akuntansi memang merupakan spes terfavorit di STAN, hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang menempatkan akuntansi sebagai prioritas utama saat pendaftaran, ditambah lagi mahasiswa spesialisasi ini merupakan masyarakat mayoritas di kampus Jurangmangu.

Apakah kuliah di spes akn sam dengan di spes lain? Jawabannya adalah pasti. Di sini kita akan merasakan hal2 yang berbeda terutama dari segi perkuliahannya.

Mahasiswa akuntansi dituntut untuk memiliki kemampuan dan pengetahuan dasar di semua bidang seperti perpajakan, bea dan cukai, anggaran, dan sebagainya karena kita dipersiapkan untk menjadi tenaga ahli di bidang pelaporan keuangan di semua Direktorat Jenderal yang ada di Departemen Keuangan dan lembaga-lembaga pemerintahan lainnya.

Mata kuliah yang bervariasi dan cukup berat ditambah buku2 tebal berbahasa asing membuat kita harus ekstra hati2, karena spesialisasi ini merupakan salah satu spesialisasi yang paling banyak ‘memecat’ mahasiswanya dengan kata lain penyumbang drop out terbanyak.

Salah satu yang sangat membantu mengatasi beratnya bertahan dalam perjuangan di spes ini adalah hadirnya IMMSI(Ikatan Mahasiswa Muslim Akuntansi) yang tiap menjelang ujian selalu menyajikan paket bahas soal IMMSI yang cukup jitu untk berlatih menghadapi UTS atau UAS. Ada juga progrm tentir Bidik Himas(Bidang Pendidikan Himpunan Mahasiswa Akuntansi) yang diadakan menjelang UTS dan UAS.Namun itu saja belum cukup, tentunya belajar sendiri dan mencari sumber2 lain juga sangat diperlukan agar sukses dalam ujian.

Untuk menampung aspirasi dan kebutuhan sosial masyarakat akuntansi, Himas hadir untuk menampun dan menyalurkan aspirasi serta menyuguhkan berbagai program dan acara menarik khusus ntuk mahasiswa akuntansi seperti Stars Wars, Liga Himas, Girls in Action, Aoty, dll.

Bagi kalian yang terlanjur ‘jatuh cinta’ dengan akuntansi dan sangat kehausan akan prestasi, kalian bisa membawa bendera STAN untuk bersaing dengan universitas lain dalam NAC( National Accounting Challange) yang diadakan setahun sekali.

Bagaimana nasib lulusan akuntansi? Walaupun tidak ada Direktorat Jenderal Akuntansi di Depkeu, lulusan DIII Akuntansi Pemerintahan STAN dibutuhkan di semua direktorat jenderal yang ada di Departemen Keuangan, ataupun di luar itu sebagai tenaga ahli di bidang akuntansi. bahkan kita diberi kesempatan untuk memilih direktorat jenderal tempat di mana kita akan bekerja. Biasanya mayoritas lulusan akuntansi akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak, ada juga di Ditjen Bea Cukai, Ditjen Kekayaan Negara, BPPK(Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan), ataupun di luar Depkeu seperti BPK(Badan Pemeriksa Keuangan), BUMN, dan Bapepam LK.

Sumber : Infomaru MBM STAN 2007

2 Tanggapan to “Spesialisasi Akuntansi Pemerintahan”

  1. ima Says:

    kakak-kakak yang d stan mnt tipsnya bgmana biar bs lulus usm stan thn 2015 nanti? ^_^


  2. Kak biasanya berapa jumlah kuota diterima STAN dari tahun ke tahun kak..? Apa beda2 di masing2 spesialisasinyaa..?
    Makasii 😊

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s