Spesialisasi Kebendaharaan Negara? Apaan sih?
Pada awalnya mendengar namanya memang terasa asing di telinga. Tetapi apabila kalian tahu, spesialisasi ini punya peranan penting dalam mencetak tenaga2 profesional dalam bidang perbendaharaan yang hanya ada satu2nya di Indonesia.
Banyak orang sering menyebut spesialisasi ini sebagai Spesialisai Anggaran. tetapi menurut Kepala Bidang Akuntan, Dra. Lies Sunarmintyas, MM., penyebutan istilah itu kurang tepat untuk saat ini, karena lulusan dari spes ini tidak lagi ditempatkan untuk Direktorat Jenderal Anggaran saja, tetapi lebih ke Direktorat Jenderal Perbendaharaan.
Bidang perbendaharaan di Indonesia terbilang cukup baru. seiring dengan terbitnta UU No 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara maka diperlukan suatu tugas, pokok, dan fungsi yang sesuai untuk menjalankannya sehingga di bentuklah sebuah unit organisasi bernama Direktorat Jenderal Perbendaharaan.
Untuk perkuliahannya, pada spesialisasi ini terdapat mata kuliah seperti Hukum Keuangan negara, Penganggaran, APBN I, APBN II, Statistika Keuangan Negara, Sistem Akuntansi Pemerintah I, II, III, Evaluasi Proyek, Sistem Akuntansi Barang Milik Negara, Pelaksanaan APBN, dll.
Tujuan perkuliahan dari spesialisasi ini adalah untuk mendidik tenaga Ahli Madya di bidang anggaran yang profesional melakukan tugas teknis pengelolaan anggaran yang meliputi :
1. Merumuskan dan malaksanakan kebijakan dan standaridsasi teknis di bidang kebijakan fiskal, anggaran pendapatan dan belanja negara, dan perimbangan keuangan.
2. Merumuskan dan Melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang Perbendaharaan Negara sesuiai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan berdasarkan peraturan perundang2an yang berlaku.
Nah, udah jelas kan? itulah sedikit gambaran tentang Spesialisasi Kebendaharaan Negara.

Sumber : Infomaru MBM STAN 2007

Satu Tanggapan to “Spesialisasi Kebendaharaan Negara”

  1. imrn Says:

    thanks untuk infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s