Dalam rangka pelaksaan program reformasi kapabeanan yang sedang gencar2nya dilaksanakan oleh Ditjen Bea dan Cukai, maka dibutuhkan SDM yang berkualitas untuk mewujudkannya. Hal ini dilaksanakan DJBC dengan meningkatkan kualitas program pendidikan dn pelatihannya. salah satu program pendidikn untuk mengisi formasi pegawai di lingkungan DJBC adalah Program Diploma Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai.
Yang berbeda, spesialisasi ini khusus buat cowok. Telah jels, waktu pendaftaran STAN bagi yang berminat ke BC terlebih dhulu disodorkan beberapa syarat yang harus dipenuhi dulu sebagai syarat awal. seperti tinggi badan minimal 165 cm, tidak buta warna dan setelah pengumuman kelulsan ujian tertulis, peserta yang dinyatakan lulus harus melalui tes kesehatan dan aerobik terlebih dahulu.
Pada prinsipnya sistem pendidikan di spes ini sama dengan spes yang lain yang ada di STAN Jakarta. hanya yang membedakan pendidikan di Pusdiklat Bea dan Cukai dengan di Kampus STAN Jakarta adalah kedisiplinan mahasiswa yang lebih ditekankan, seperti hars datang ke kampus pukul 7 pagi untuk ikut apel pag, sebelum pulang melaksanakan apel siang atau sore, serta berpakaian dan berpenampilan rapih.
Mata kuliah yang diberikan di spesialisasi ini tentuny berkaitan langsung dengan lingkup kerja DJBC seperti teknis pabean, teknis cukai, pengetahuan dan identifikasi barang, sistem klasifikasi barang, penegakkan hukum kepabeanan dan cukai, verifikasi dan audit, patroli laut, pencegahan penyelundupan dll.
Lulusan program ini nantinya akan bekerja di lingkungan dan instansi DJBC.

Sumber : Infomaru MBM STAN 2007

Satu Tanggapan to “Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai”

  1. Andri S Derm Says:

    Persyaratan selain tinggi badan apa mas? berat badan? tampang harus ganteng gak haha. oh ya.. gimana cara masuk stan si? tipsnya dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s